Halaman

Minggu, 25 September 2022

Perjalanan menuju rumah (23-25 Juli 2022)

23 Juli 2022
Hari ini adalah saat aku melakukan perjalanan pulang ke rumah di Depok. Aku bangun tidur pukul 04:43 WIB. Aku sikat gigi dan ganti baju pada jam 06:05 WIB. Kami pun minum susu Milo hangat lalu sarapan pakai dendeng balado dan ayam goreng pukul 06:40 WIB. Ibuku membantu menyiapkan nasi yang dibungkus sebanyak 4 bungkus (yang diisi dengan dendeng balado) untuk perbekalan aku dan kembaranku selama di jalan. Tak lupa juga Ibuku membantu menyiapkan ayam goreng sebagai tambahan lauk. Berbeda dari saat pergi (naik bus Palala), kami naik bus ANS untuk pulang. Kami berdua ke pool bus ANS ditemani Ibuku, kakakku, kakaknya Ibuku no. 5, serta adiknya Ibuku dan istrinya naik mobil.

Sampai di pool ANS, kami diberikan uang tambahan oleh adiknya Ibuku untuk membeli sesuatu selama perjalanan. Kami juga diberikan ayam D'Besto + nasi oleh istri dari adiknya Ibuku serta jeruk satu kantong (dari kakaknya Ibuku no. 6). Bawaan kami bertambah banyak. Aku dan kembaranku naik ke bus ANS pun 08:56 WIB. Ibuku dan kakakku sempat naik ke bus untuk melihat kondisi dalam bus sebelum jalan.
Bus ANS mulai berjalan sekitar pukul 09:15 WIB. Pemberhentian kedua dilakukan pada jam 09:45 WIB. Lalu, pemberhentian ketiga dilakukan pada pukul 10:50 WIB. Pada saat itu, aku dan kembaranku memakan roti yang kami bawa. Pemberhentian keempat di daerah Solok pukul 12:45 WIB.
Pada sore hari (15:42 WIB), penumpang bus termasuk aku dan kembaranku turun di RM Palapa Sumatera Barat. Di sana, ada yang ke kamar mandi, shalat, ataupun membeli makanan. Kembaranku shalat di sana sekitar jam 15:56 WIB. Selesai kembaranku shalat, kami berdua kebingungan ke mana perginya bus. Kami pikir kami ditinggal karena kelamaan shalat maupun ke kamar mandi. Setelah bertanya pada sesama penumpang bus depan rumah makan, ternyata bus sedang dilas agar bus tidak masalah saat masuk ke kapal. Aku dan kembaranku sudah sangat haus, tapi kami tidak membawa minum ataupun uang untuk beli minum karena uangnya ada di dalam tas. Kami berdua hanya bisa main handphone sembari menunggu bus datang. Sekitar 55 menit kemudian, bus sudah datang selesai dilas. Semua penumpang pun menaiki bus sekitar pukul 17:05 WIB, bus jalan kembali pukul 17:21 WIB. Perjalanan pun terus berlanjut.

24 Juli 2022
Pukul 03:20 WIB, kami sampai di RM Simpang Raya Bayung Lencir, Sumatera Selatan. Aku dan kembaranku membeli Aqua dan tisu di dekat sana. Kami pun membeli kerupuk Palembang untuk dibawa pulang ke Depok. Setah itu, kami membeli teh manis hangat di RM Simpang Raya. Kami membawa uang pas untuk membayar tehnya. Tidak lama kemudian, kami kembali menaiki bus dan bus melanjutkan perjalanannya.
Pada waktu Shalat Subuh, bus berhenti dan ada yang shalat maupun ke kamar mandi. Setelah itu, semua naik bus lagi dan busnya jalan lagi. Di dalam bus (07:16 WIB), aku dan kembaranku hanya sempat sarapan satu suap pakai lauk yang ada karena bus belum melakukan pemberhentian lagi. Kami melanjutkan sarapan sekitar pukul 08:45. Tidak lama kemudian, aku muntah.
Bus berhenti lagi di suatu tempat saat waktu Dzuhur/ Ashar. Sekitar jam 16:16 WIB, bus masuk ke Pelabuhan Bakaheuni. Sambil menunggu bus masuk ke kapal, kami membeli bungkus pakai rendang di area pelabuhan. Harga nasi bungkusnya lumayan mahal, sekitar Rp 30.000. Kami juga membeli keripik pisang khas Lampung di sana yang harganya Rp 20.000. Bus masuk ke kapal sekitar pukul 17:48 WIB. Lalu, penumpang turun dari bus dan masuk ke kapal. Suasana di dalam kapal saat ini berbeda dari waktu perjalanan pergi, terlihat lebih bagus dan tempat duduknya gratis. Selain itu, ada Alfa-X juga di sana yang menjual makanan (Pop Mie dan aneka snack) serta minuman (air mineral, soda, teh, kopi). Kembaranku shalat Maghrib dan Isya (dijamak) di tempat yang telah disediakan. Setelah itu, aku dan kembaranku makan malam pakai nasi bungkus isi rendang yang tadi dibeli (pukul 18:19-18:35 WIB).

Beberapa waktu setelah itu (19:58 WIB), kami (penumpang bus) menaiki bus sebelum kapal tiba di Pulau Jawa. Kapal pun tiba di Pulau Jawa sekitar satu jam lebih kemudian. Bus keluar dari kapal, lalu berjalan dari Pelabuhan Merak pada jam 20:23 WIB. Tidak jauh setelah area pelabuhan, ada satu penumpang bus yang turun membawa barang bawaannya. Berikutnya, pada 22:30 WIB, bus berhenti di Poris Plawad untuk menurunkan beberapa penumpang. Setelahnya, bus berhenti di Pondok Pinang pukul 23:23 WIB untuk menurunkan kembali penumpang lainnya. Bus berjalan menuju Halte Kp. Rambutan (23:29 WIB). Bus tiba di Kp. Rambutan pukul 23:51 WIB. Setibanya di sana, penumpang bus yang tersisa harus pindah bus. Kami pun membawa barang-barang kami serta menyeret koper (yang sudah ditaruh di luar bus) ke bus lainnya. Kami pindah bus karena tujuan kami adalah ke Terminal Jatijajar, Depok. Setelah pindah bus, kami menyadari bahwa busnya lebih bagus (bus yang bayarnya lebih mahal). Penumpang bus yang tersisa terdiri dari aku, kembaranku, seorang pria dewasa, serta satu keluarga (Ibu, Bapak, dan 2 orang anak).

25 Juli 2022
Setelah kami pindah bus, kami menunggu bus yang dinaiki saat ini berjalan. Sekitar pukul 00:19 WIB, bus berjalan dari Terminal Kp. Rambutan. Kami berencana akan turun di Alfamart dekat Terminal Jatijajar dan bilang ke supir tentang hal itu, tapi kata supirnya tidak bisa. Akhirnya, bus berhenti di pom bensin dekat Terminal Jatijajar pukul 00:55 WIB. Di terminal Jatijajar, kami berdua sudah ditunggu oleh tetangga kami yang menaiki sepeda motor. Tetangga itu memberikan kunci rumah kami kepadaku. Kami pun memesan transportasi online (mobil) dan beberapa menit kemudian mobilnya sudah sampai. Kami berdua menaiki mobil dan tetanggaku itu mengawasi kami dari belakang dengan menaiki motornya. Akhirnya, kami tiba di rumah di Depok pukul 01:20 WIB.