Halaman

Jumat, 16 September 2022

Cerita di Kampung Halaman (Part 2) (13-15 Juli 2022)

13 Juli 2022

Aku bangun pada jam 03:50 WIB, lalu Shalat Subuh sekitar pukul 05:00 WIB. Aku lanjut mandi sekitar 30 menit mulai pukul 06:25 WIB. Untuk mengisi tenaga, aku sarapan pakai rendang jam 07:22 WIB. Kami bergantian untuk mandi karena akan pergi ke suatu tempat hari ini.

Kami semua akan pergi ke Puncak Lawang yang letaknya di Kab. Agam, Sumatera Barat. Pukul 09:30 WIB, kami yang berjumlah 18 orang melakukan perjalanan pergi ke sana dengan 3 mobil. Tak lupa juga kami membawa perbekalan berupa nasi dan dendeng untuk makan siang nanti. Sekitar pukul 10:45 WIB, mobil yang dinaiki olehku (dan juga kembaranku, Ibuku, kakakku, kakaknya Ibuku, supir) turun di dekat taman di Matur karena menunggu 2 mobil lain agar melanjutkan perjalanan bersama-sama. Ibuku dan kakakku pergi membeli snack dan air mineral yang berada di seberang tempat kami berhenti. Kami pun memakan snack tersebut. Dua mobil lainnya sudah berada dekat mobil yang kami naiki pada jam 11:20 WIB, lalu semuanya melanjutkan perjalanan bersama-sama.

Kami sampai di Puncak Lawang pukul 11:57 WIB. Setiap orang berfoto selfie di sana. Tapi aku dan kembaranku lebih memilih memfoto pemandangan di sana. Walaupun pada akhirnya aku dan kembaranku difotoin juga sama kakak/ Ibuku. Ada juga foto bersama.

Kami lanjut ke perjalanan berikutnya setelah selesai ke Puncak Lawang. Kami melakukan perjalanan selama lebih dari satu jam, dan sampai di Danau Singkarak pukul 13:59 WIB. Kami makan siang pakai nasi dan lauknya berupa dendeng (juga telur balado di atas nasi untuk beberapa bungkus). Kami makan sambil menikmati pemandangan Danau Singkarak.

Lalu lanjut minum teh dan ada yang makan olahan tutut (aku dan kembaranku nggak ikut makan itu). Kami lanjut Shalat Dzuhur dan Ashar (dijamak) di masjid dekat sana.

Perjalanan berikutnya ke Pantai Gandoriah. Kami sampai di Pantai Gandoriah sudah sore hari (17:03 WIB). Akhirnya kami hanya berdiri di sekitar dermaga pantai (tidak menginjak pasir pantai). Masing-masing dari kami pun berfoto di dermaga pantai. Aku memfoto pemandangan pantai.

Selesai berfoto pukul 17:20 WIB, sepupuku menyetop tukang roti dari seberang jalan dan membelikan beberapa Sari Roti isi (cokelat, strawberry, srikaya, dll). Roti pun dibagi-bagi secara merata dan kami memakan roti tersebut.

Tadinya kami ingin ke tempat lain (Air Terjun Lembah Anai), tapi karena sudah hampir malam akhirnya kami pulang ke rumah. Perjalanan ke rumah memakan waktu lebih dari dua jam. Rombongan mobil yang kunaiki sampai duluan di rumah, tapi karena yang pegang kunci rumah di rombongan lain, kami baru masuk ke dalam rumah pukul 20:28 WIB. Aku Shalat Isya pukul 21:24 WIB dan tidur pukul 22:50 WIB.

14 Juli 2022

Aku bangun tidur pukul 04:38 WIB, setelah itu aku ke kamar mandi karena mencret. Pada jam 05:35 WIB, aku melaksanakan Shalat Subuh. Karena sakit perut, aku menyeduh teh manis hangat setelah sarapan. Dan tak lupa juga untuk minum obat Entrostop.

Karena Ibuku dan kakakku pergi ke suatu tempat bersama yang lain, aku hanya bertiga di rumah dengan kembaranku dan kakanya Ibuku yang nomor 2. Aku dan kembaranku bergantian mencuci sepatu dan kaus kaki mulai pukul 10:50 WIB. Aku dan kembaranku makan siang pukul 12:26 WIB. Lalu, aku lanjut shalat Dzuhur. Karena bosan, aku dan kembaranku memainkan handphone dan mendengarkan lagu menggunakan earphone.

Hujan turun dengan sangat deras setelah itu. Sekitar pukul 15:30 WIB, aku dan kembaranku mengangkat jemuran sepatu. Lalu, kakaknya Ibuku memberitahuku untuk mengangkat jemuran lain yang ada di samping rumah. Kembaranku juga ikut membantu mengangkat jemurannya. Badanku dan kembaranku sampai basah. Karena itulah, kami mengganti baju dan keramas. Aku melaksanakan shalat Ashar pada jam 16:41 WIB. Karena semakin bingung ingin melakukan apa, aku dan kembaranku makan snack yang masih tersimpan dalam tas. Di sore hari, aku lanjut minum teh. Tak lupa juga makan malam. Aku tidur sekitar pukul 22:30 WIB.

15 Juli 2022

Hari ini, aku dan kembaranku lebih banyak di rumah. Aku terbangun sebanyak 2 kali, yang pertama pukul 01:37 WIB dan kedua pukul 04:20 WIB. Aku Shalat Subuh pukul 05:20 WIB. Sekitar jam 06:06 WIB, aku makan roti Aoka lalu lanjut minum air putih. Aku dan kembaranku  mengunjungi supermarket Al Falah untuk pertama kalinya (kakakku udah pernah ke sana pas baru sampai di kampung halaman). Kami berjalan kaki dari rumah ke Swalayan Al Falah sekitar 1 km. Di perjalanan menuju Al Falah, aku memfoto pemandangan sekitar yang dipenuhi oleh sawah dan pepohonan.

Di Swalayan Al Falah, kami membeli mie goreng yang tidak ditemukan di Jabodetabek. Kami juga membeli Energen, minuman lain, dan juga nugget Fiesta yang isinya sedikit.  Sepulangnya dari Al Falah, kami menyeduh Energen di gelas kecil. Lima belas menit kemudian, kami makan risol dan pisang goreng yang dibelikan. Kembaranku menggoreng nugget yang dibeli untuk dimakan sekitar jam 12:25 WIB, lalu kami lanjut cuci piring.

Sepuluh menit kemudian, aku dan kembaranku makan snack Monde bulat. Aku shalat Dzuhur pukul 14:05 WIB. Bakso telah disiapkan, dan kami meracik bakso beserta sayur dan daun bawangnya sendiri. Aku dan kembaranku hanya makan bakso sedikit (seporsi berdua) sekitar pukul 14:35 WIB.

Aku melaksanakan Shalat Ashar pukul 16:08 WIB. Setelah itu, aku Shalat Maghrib pada pukul 19:20 WIB. Baru saja aku baca Al-Fatihah, terasa guncangan yang cukup kencang. Kami yang berada di kamar pun keluar. Setelah dicari tahu, ternyata guncangan tadi adalah gempa. Aku kaget, karena pertama kalinya merasakan gempa yang kencang (biasanya hampir selalu tidur pas gempa di Jabodetabek). Kami mencari tahu asal gempa, dan ternyata asal gempanya masih di satu provinsi. Aku memindahkan sajadah ke luar kamar (dekat TV). Dan aku mengulang lagi shalat Magrib, dan tak lama selesai shalat terdengar adzan Isya. Aku pun lanjut shalat Isya. Setelah shalat pun, aku mencari kata kunci 'gempa Sumatera Barat' untuk melihat apakah ada yang merasakannya juga. Aku dan kembaranku memakan sisa gorengan pukul 20:40 WIB. Aku pun tidur pada jam 22:07 WIB.