Halaman

Kamis, 22 September 2022

Cerita di Kampung Halaman (Part 5) (21-22 Juli 2022)

21 Juli 2022

Aku bangun tidur pukul 05:15 WIB. Aku dan kembaranku sarapan pakai telur dadar pada jam 07:07 WIB. Hari ini, kami berlima (aku, Ibuku, kembaranku, kakakku, dan kakaknya Ibuku no. 2) akan pergi ke Kota Padang. Kami menuju ke jalan raya menaiki 4 ojek yang berbeda. Aku harus menunggu ojek yang mengantar kami karena jadi yang paling terakhir naik ojek. Aku ke jalan raya naik ojek pukul 08:31 WIB. Sampai di jalan raya, ada mobil travel yang sedang berhenti menunggu penumpang. Kakaknya Ibuku bertanya kepada supir mobil apakah kami bisa naik ke mobil tersebut dengan tujuan Kota Padang. Sangat pas sekali masih tersisa 4-5 penumpang. Akhirnya kami menaiki mobil tersebut, aku sendiri duduk sempit-sempitan di depan dekat supir bersama dua penumpang lain. Sedangkan yang lain duduk di belakang. Suasana di dalam mobil travel sangat tidak enak, orang di depan paling pinggir merokok, semua terpaksa menghirup asap rokok itu. Lagu yang disetel dalam mobil pun lagu bahasa daerah. Aku merasa sangat pegal dan ingin cepat sampai tujuan.

Sampai di tujuan (di sebuah jalan), kami turun dari mobil. Kami akan menuju ke rumah keponakan dari suami kakaknya Ibuku yaitu Tante Laura. Beliau pun menelepon Tante Laura agar menjemput kami di jalan raya. Setelah beberapa waktu, akhirnya Tante Laura datang naik motor dan memboncengi kakaknya Ibuku. Sedangkan kami berempat (aku, Ibuku, kembaranku, kakakku) menaiki dua becak. Akhirnya kami tiba di rumah Tante Laura. Di sana, kami minum nutrisi dingin dan makan kacang. Ibuku dan kakaknya Ibuku juga mengobrol dengan keponakan kakaknya Ibuku. Sedangkan aku, kembaranku, dan kakakku memainkan ponsel. Setelah itu, aku dan kembaranku minta air mineral biasa untuk menetralisir Nutrisari dingin yang tadi diminum. Kami berempat berada di sana hingga dekat jam makan siang, sedangkan kakaknya Ibuku menginap selama beberapa hari.

Kami berempat naik transportasi online ke Resto Bebek Sawah pukul 11:45 WIB. Sampai di sana, kami bertemu dengan dua orang temannya Ibuku. Kami memesan makanan dan minuman, aku memesan ayam saus Padang, kembaranku memesan ayam bakar madu, Ibuku memesan bebek khas resto itu, kakakku memesan bebek bakar madu, dan Ibuku memesan gado-gado Padang sebagai tambahannya (aku lupa temannya Ibuku pesan apa). Sambil menunggu makanan datang, air mineral dihidangkan sebanyak 6 gelas. Setelah itu, piring dan sendok diletakkan dan nasi putih dihidangkan sebanyak satu bakul. Kami mencuci tangan secara bergantian di wastafel. Makanan pun datang pukul 12:09 WIB.

Kami mengambil nasi putih sesuai porsi masing-masing, lalu makan bersama lauk yang dipesan. Selesai makan dan duduk sebentar di sana, kami pun diantar oleh supir temannya Ibuku untuk berjalan-jalan (temannya Ibuku tidak bisa ikut karena harus kembali bekerja). Kami jalan-jalan ke Plaza Andalas. Setibanya di Plaza Andalas (13:09 WIB), kami berjalan melihat apa yang dijual di sana. Kami pergi ke supermarket Robinson membeli tambahan snack untukku dan kembaranku yang akan pulang ke Depok duluan. Kami membeli nugget untuk dimakan saat di rumah di Bukittinggi. Tak lupa juga kami membeli susu, minuman, dan snack lain. Selesai membayar di Robinson, kami keluar untuk melihat-lihat Plaza Andalas lagi. Ibuku membeli konektor masker. Pukul 14:05, kami memesan es krim dan ayam di KFC. Es krim kami nikmati, tapi ayamnya dibawa pulang.

Sekitar jam 14:29 WIB, kami menuju travel dengan menempuh waktu sekitar 26 menit. Sampai di sana, kami pun menunggu penumpang lain selama 27 menit lamanya karena minimal harus ada tujuh penumpang supaya nggak bayar lebih. Mobil travel berangkat pukul 15:22 WIB. Kami menempuh perjalanan selama 2 jam 9 menit menuju dekat Swalayan Al Falah. Setelah itu, kami menyeberang dan pesan sate Padang di Sate Annisa Piaman. Kami pun makan sate dengan lahap karena lapar. Tak lupa juga kami mengambil kerupuk sebagai teman makan sate. Ibuku membayar sate dan setelah itu kami bersiap untuk pulang ke rumah. Seperti sebelumnya, kami naik ojek dekat sana, tapi karena cuma ada 3 ojek, Ibuku yang harus menunggu ojek balik mengantar kami. Aku sampai di rumah sekitar pukul 17:58 WIB. Aku dan kembaranku makan ayam KFC yang tadi dibeli pukul 19:50 WIB. Aku tertidur pada jam 21:50 WIB.

22 Juli 2022

Aku bangun tidur jam 5 pagi. Aku dan kembaranku mandi bergantian mulai pukul 05:19 WIB. Pada jam 08:04 WIB, Kami sarapan pakai nasi goreng lalu minum susu. Sekitar jam 10 pagi, kami melakukan persiapan untuk pulang ke Depok pada esok hari. Kami menaruh pakaian kotor di kardus karena tidak sempat mencuci pakaian. Aku memindahkan barang dari tas hitamku yang besar ke tas yang dibelikan Ibuku karena mau menaruh tas hitam itu di bagian kardus  paling bawah. Tujuannya supaya aku nggak bawa tas terlalu besar di dalam bus saat perjalanan pulang ke Depok. Aku dan kembaranku juga menaruh sepatu yang dipakai karena rencananya kami akan pakai sandal saat perjalanan pulang. Setelah itu, kardus ditutup namun belum dilakban, karena akan ada pakaian / barang tambahan yang ditaruh besok sebelum pulang.

Di siang hari (14:12 WIB), kami makan pakai ayam goreng yang ada di meja dan ketupat sayur yang dibelikan. Aku dan kembaranku menambahkan barang di kardus sekitar jam 15:30 WIB. Kami makan malam pakai dendeng balado jam 19:07 WIB, setelah itu kami minum air putih. Aku pun tidur pada jam 22:03 WIB.