Halaman

Sabtu, 07 Januari 2023

January 7, 2023

Pagi hari sekitar pukul 03:30 WIB, Ibuku membuat sambal hijau untuk dicampurkan ke terong yang sudah digoreng semalam  Setelah itu, sambal hijau yang sudah dicampur dengan terong ditaruh dalam wadah cup plastik bulat 400 ml. Lalu, setelah mendingin cup tersebut ditutup.

Pukul 06:30 WIB, Ibuku dan kembaranku membawa semua makanan yang akan dijual hari ini ke lapangan RW, yaitu dendeng (sisa 1 kotak), terong balado (15 cup), dan orange pudding (19 cup). Di sana, barang ditaruh di atas meja yang dibagi dua dengan tetangga yang ikut jualan juga di bazar. Sebelum waktu bazar dimulai, dendeng yang tersisa sudah habis (dibeli oleh seorang warga). 

Aku melihat berbagai macam stand jualan di bazar, yaitu dimsum, macaroni schotel, minuman kelapa, minuman mangga, donat, keripik, dan lainnya. Sebelum mulai waktunya, sudah ada warga yang membeli di berbagai stand jualan. 

Sekitar pukul 08:15 WIB, aku membawa getuk singkong yang sudah dihias oleh tetangga untuk lomba makanan berbahan dasar singkong. Aku melihat makanan yang dibuat peserta lain sangat bagus. Aku meyakini RT lain yang akan memenangkan lombanya.

Berbagai lomba dimulai pada pukul 08:30 WIB. Lomba pertama adalah lomba merangkai bunga. Aku melihat bunga yang dirangkai oleh peserta lomba bagus-bagus. Aku tidak tahu siapa yang akan memenangkan lomba ini. Setelah peserta merangkai bunga, dewan juri memberikan penilaian. Lalu, dewan juri berpindah untuk menilai lomba makanan berbahan dasar singkong. 

Setelah itu, ada lomba wiru kain. Aku tidak begitu melihat bagaimana lomba ini. Beberapa waktu setelah itu, ada lomba merias tanpa cermin di posyandu RW (yang ada di lapangan RW). 

Sekitar pukul sembilan, aku dan kembaranku ke rumah karena suatu hal. Kami belum balik lagi ke lapangan RW di pagi hari. 

Di malam hari, peserta lomba dan warga lainnya berkumpul kembali di lapangan RW untuk mengetahui pengumuman pemenang lomba sekaligus arisan RW. Acara dimulai dengan membawakan lagu Indonesia Raya, lalu sambutan dari pihak RW dan pelaksana. 

Setelah sambutan selesai, ada pembacaan ayat suci Al-Qur'an beserta terjemahannya. Lalu, Ibu-ibu qasidah menampilkan beberapa lagu. Para warga dan tamu undangan RW lain terlihat menikmati penampilan qasidah. Selesai penampilan qasidah, seorang anak perempuan menampilkan tari kipas. 

Acara selanjutnya yaitu pengumuman pemenang lomba. Lomba merangkai bunga dimenangkan oleh tetangga RT ku. Lomba kue berbahan dasar singkong dimenangkan oleh RT lain. Lomba wiru kain juga dimenangkan oleh RT lain. Lomba rias tanpa cermin dimenangkan oleh seorang Ibu (RT lain juga) diantara peserta lain yang lebih muda. 

Berikutnya, Ibu-ibu qasidah tampil lagi. Setelah itu, ada do'a dan MC penutup. Pada akhirnya, warga menyanyi bebas namun aku dan kembaranku memilih pulang ke rumah. Sampai di rumah, aku dan kembaranku cukup kaget karena sudah hampir jam 23:00 WIB. 

Aku tidur lewat dari jam 00:00 WIB pada keesokan harinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar