Halaman

Minggu, 31 Mei 2015

Perpisahan Sekolah

Perpisahan sekolah di SMA Budhi Warman II dilaksanakan di Gedung Pandansari, Jakarta Timur. Pukul 06.30, aku berangkat dari rumah bersama Ibuku menggunakan taksi menuju Gedung Pandansari. Kira-kira pukul 07.00, aku sampai di Gedung Pandansari. Oh iya, murid cewek di kelasku memakai baju kebaya warna ungu dan murid cowoknya pakai jas + celana panjang warna hitam, kemeja warna ungu, dan dasi berwarna perak. Pakaian yang dikenakan murid kelas lain juga berbeda untuk setiap kelas.

Sampai depan gedung, Ibuku masuk ke dalam Gedung Pandansari dan mencari tempat duduk. Ibuku duduk di sebelah Ibunya temanku yang sekelas 3 tahun sama aku. Dan aku masih di luar gedung, memperhatikan setiap murid SMA dan SMK Budhi Warman II yang lewat (perpisahan SMA dan SMK dilakukan di gedung yang sama). Semuanya terlihat berbeda dari biasa, tentunya terlihat makin keren. Yang biasa saja terlihat lebih bagus, apalagi yang cantik dan ganteng... mereka makin cantik dan ganteng deh pastinya. Aku melihat berbagai baju kebaya yang dikenakan oleh teman-temanku (walau tidak sekelas). Baju kebaya yang mereka pakai berbagai rupa yang cantik, dan tatanan rambut yang cantik / kerudung yang dipakai yang sangat indah, baju kebaya yang mereka pakai membuat mereka terlihat lebih cantik dari biasanya. Dan teman-teman cowok yang memakai jas hitam terlihat makin keren. Hahaha....

Sekitar pukul 07.30, murid-murid SMA dan SMK Budhi Warman II berbaris sesuai kelasnya masing-masing (dan berbaris sesuai nomor absen). Aku berbaris di kelasku, yaitu kelas XII IPA 3. Saat berbaris, ada beberapa orang teman yang belum datang / mungkin ada keperluan sehingga belum baris. Namun, pada akhirnya hampir semua sudah datang dan berbaris. Yang pertama masuk ke dalam gedung adalah kelas XII IPA 1, dilanjutkan sampai kelas XII IPS 3 dan murid SMK. Setiap kelas terdapat wali kelas dan ada komandan yang mengiringi mereka untuk masuk ke gedung dan duduk di tempat masing-masing.

Setelah semua murid masuk, acara pun dimulai. Yang pertama ada acara pembukaan. Lalu, ada persembahan tarian dari murid kelas 10 / 11 SMA dan SMK yaitu tarian dari Jakarta (klo gk salah) dan Sumatera Barat. Setelah itu, ada sambutan dari Kepala Sekolah SMA dan kepala sekolah SMK. Kepala sekolah SMK menyebutkan siswa-siswinya yang sudah diterima kerja dan kuliah di beberapa universitas. Lalu, perwakilan dari SMA, yaitu Pak Aji juga menyebutkan siswa-siswi yang sudah diterima di jalur SNMPTN undangan. Ada juga sambutan dari ketua panitia acara perpisahan. Selanjutnya, ada sambutan dari Rektor Univ. Trilogi Jakarta. Dan acara utama, yaitu prosesi wisudawan - wisudawati dimulai. Pertama, kepala sekolah dan wakil kepala sekolah SMK naik ke panggung. Wali kelas di setiap jurusan di SMK naik ke panggung sesuai kelas masing-masing. Dan setiap murid SMK dipanggil satu persatu namanya (dan disebutkan sudah diterima kerja / univ. mana kalau udh dpt) dan diberikan medali. Saat diberikan medali oleh kepala sekolah, setiap murid difoto. Lalu dilanjutkan dengan foto satu kelas dengan wali kelas, kepala sekolah, dan wakil kepala sekolah.

Setelah prosesi wisudawan - wisudawati SMK selesai, dilanjutkan dengan SMA. Pertama, kepala sekolah dan wakil kepala sekolah naik ke panggung. Setiap wali kelas di SMA naik ke panggung. Lalu setiap murid SMA dipanggil satu persatu namanya (dan disebutkan sudah diterima di univ. mana kalau udh lolos SNMPTN) dan diberikan medali. Saat diberikan medali oleh kepala sekolah, setiap murid difoto. Dan dilanjutkan dengan foto satu kelas dengan wali kelas, kepala sekolah, dan wakil kepala sekolah. Acara utama ini berlangsung cukup lama.

Selanjutnya, ada ucapan terima kasih dari perwakilan siswa SMA dan SMK, yaitu Gita (XII IPS 1) dan satu siswa SMK [saya lupa namanya. hehehe...]. Lalu dilanjutkan dengan ucapan terima kasih dari perwakilan orang tua siswa, yaitu orangtua dari Thiovillia (XII IPS). Setelah itu ada acara penutup berupa doa. Tapi saat acara penutup, banyak yang sudah berada di depan gedung (termasuk aku dan Ibuku juga...). Setelah acara selesai, semuanya pulang ke rumah masing-masing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar