Halaman

Sabtu, 08 Desember 2012

Cerita Ulangan Semester Ganjil

Aku mau cerita sedikit nih tentang ulangan semester ganjil yang sudah dilaksanakan di sekolahku tanggal 3 Desember - 8 Desember 2012 .

Di hari pertama, ada ulangan Bahasa Indonesia, Matematika, dan TIK. Di hari ini aku merasa pelajaran MTK yang paling sulit dari dua pelajaran lainnya. Tingkat kesulitan: Bahasa Indonesia (55%), Matematika (80%), TIK (25%).

Di hari kedua, ada 4 mata pelajaran yang diujikan. Yaitu Fisika, Bahasa Inggris, PKn, dan Geografi. Dua pelajaran pertama (Fisika dan Bahasa Inggris) adalah pelajaran tersulit bagiku saat ulangan. Tingkat kesulitan: Fisika (70%), Bahasa Inggris (60%), PKn (30%), Geografi (35%).

Hari ketiga, ada Kimia, Ekonomi, Bahasa Perancis, dan Bahasa Jepang. Awalnya aku salah mengira bahwa pelajaran ketiga itu Bahasa Jepang, ternyata Bahasa Perancis dulu yang diujikan. Hahaha... aku mimpi apa ya sampai ingat jadwal terbalik gitu? Tingkat kesulitan: Kimia (25%), Ekonomi (30%), Bahasa Perancis (35%), Bahasa Jepang (40%).

Hari keempat, 2 mata pelajaran IPS yang diujikan, yaitu Sosiologi dan Sejarah. Ditambah dengan Mulok (Muatan Lokal) Adobe Photoshop di jam terakhir. Tingkat kesulitan: Sosiologi (25%), Sejarah (25%), Mulok (20%).

Hari ke 5, bisa dibilang hari yang pelajarannya paling susah, sama seperti hari pertama (Bhs. Indonesia, MTK) dan hari kedua (Fisika, Bahasa Inggris). Mata pelajrannya yaitu Agama Islam, Penjaskes, dan gamBiologi. Baru kali ini loh Penjaskes ada ulangan tertulisnya (?). Saat ulangan Agama Islam susah sekali, aku nggak belajar tajwid & sanad. Padahal materi tajwid ada sekitar 10 soal + 1 soal tentang sanad. Dan di pelajaran Biologi, aku ada yang ngasal karena ragu-ragu. Misalnya, nama latin bakteri, dsb. Tingkat kesulitan: Agama Islam (60%), Penjaskes (30%), Biologi (35%).

Hari ke 6, the last day. Hari yang cukup santai. Mata pelajaran yang diujikan: English Conversation dan Seni Rupa. Awalnya, dari rumah aku juga mengira mata pelajaran Seni Rupa dulu yang diujikan, ternyata English Conversation yang duluan. Langsung deh aku panik karena baru belajar dari buku tulis. Untungnya, ada teman yang jago Bahasa Inggris dan orangnya lagi baik hati, langsung aja aku pinjam buku cetak Bahasa Inggris dia yang sudah diisi (yang katanya keluar di ulangan nanti). Dan ternyata, soal yang ada di buku cetak itu keluar di ulangan. Dan saat pelajaran Seni Rupa, semua murid kelas 10 disuruh menggambar wajah dengan cara yang sudah diajarkan sebelumnya. Aku akuin, lumayan susah. Karena aku lupa cara menggambar bagian dalam telinganya. Tingkat kesulitan: English Conversation (30%), Seni Rupa (30%).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar